Berita

Berita Thumbnail
Kamis, 09 Desember 2021
Oleh: Admin

Knowledge Sharing Seri #KepoinBumi Sesi 1 “Earth Through Time”

Welcome aboard everyone Seri #KepoinBumi sesi pertama telah dilaksanakan tanggal 27 November 2021 dengan topik-topik menarik yang dipersembahkan oleh Prodi Teknik Geologi yang tentunya juga menghadirkan pakar-pakar yang ahli pada bidangnya.

Seri Webinar yang diikuti kurang lebih 55 peserta ini bertujuan untuk mengenalkan Ilmu Geologi kepada masyarakat luas, termasuk apa saja yang dipelajari, kegiatan apa saja yang dilakukan oleh para Geologist, serta peluang lapangan pekerjaan bagi lulusan Prodi Teknik Geologi. Untuk sesi pertama ini tema yang dipaparkan adalah “Earth Through Time” yang disampaikan oleh Mas Pujo Rahmanto (Geologist Planning & Operation Region 3 Pertamina Hulu Indonesia) yang merupakan alumnus SMAN 1 Pati dan juga merangkap pecinta alam yang telah berhasil menancapkan jejaknya di sejumlah puncak gunung api baik di Indonesia dan juga luar Indonesia. Pada seri kali ini narasumber mengajak para peserta utk menyambangi daerah gunung api eksotik dengan sejarah letusannya yang fenomenal di Indonesia, G. Sinabung di Sumatera, G. Krakatoa di Selat Sunda, G. Merapi di Jawa Tengah, G. Rinjani di Lombok, dan G. Tambora di Sumbawa.

Bagaimana sejarah letusan dan mekanisme earth engine yang dapat memicu letusan gunung api, bagaimana dinamika pergerakan lempeng bumi dan hubungannya dengan peradaban manusia dijelaskan dengan sangat apik oleh mas Pujo Rahmanto. Seluruh kisah peradaban dan rekam jejak kebudayaan di Indonesia sejatinya tak lepas dari dinamika proses geologi yang terjadi di bumi Indonesia, dgn memahami wadah ruang dan waktu tersebut maka rekonstruksi sejarah dapat terbangun. Pada webinar kali ini juga banyak peserta yang mendapatkan hadiah menarik dengan mengikuti games-games yang sudah disiapkan, selain itu juga diumumkan pemenang lomba fotografi yang juga diselenggarakan oleh Prodi TG Usakti. Seri #KepoinBumi sesi pertama dengan sukses telah menghadirkan pengalaman ini, tapi ini tidak berhenti sampai disini, masih akan ada lagi seri-seri #KepoinBumi selanjutnya. Tertarik? Stay tune dan selamat bertemu kembali di seri #KepoinBumi berikutnya😉
Berikut link youtube untuk webinar: https://www.youtube.com/watch?v=_mGvsuqNBbY&t=717s