Sambuta Ka. Prodi

Sambuta Ka. Prodi

kaprodii

Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T.

Selamat datang di laman Program Studi Teknik Geologi USAKTI

Assalaamualaykum Wr Wb

Program Studi Teknik Geologi USAKTI adalah Program Studi Teknik Geologi tertua di Jakarta. Didirikan oleh konsorium 40 Perusahan Minyak, pada tahun 1980, dengan tujuan mulia yaitu nasionalisasi tenaga ahli di Perusahaan Minyak, Menggunakan Kurikulum 2019, yaitu berdasarkan Outcomes Based Education (Capaian Lulusan), dengan Profil Lulusan menjadi “Sarjana Teknik Geologi yang menguasai Teknik Eksplorasi Geologi dan Geologi Tata Lingkungan, serta mampu bekerja, berkarir dan mengembangkan diri pada instansi pemerintah dan industri yang berkaitan dengan bidang geologi”, adalah tekad kami dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri pada saat ini.

Alhamdulillah, saat ini Prodi Teknik Geologi memiliki jumlah mahasiswa aktif yang cukup banyak, yaitu hampir 700 mahasiswa. Segala upaya telah dilakukan untuk mengembangkan Program Studi Teknik Geologi. Di bidang pendidikan dan pengajaran, upaya terus menerus untuk mempersiapkan dan menyajikan kurikulum yang tepat dan diperlukan sesuai dengan zamannya dan saat ini telah menggunakan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Dosen juga diupayakan sepenuhnya untuk memiliki gelar Doktor (S3), dengan memberikan Tugas Belajar kepada Dosen. Pelayanan kepada Mahasiswa dan Dosen juga dioptimalkan dengan memberikan fasilitas terbaik, melalui renovasi seluruh ruang kelas, laboratorium, ruang fakultas dan fasilitas umum; serta memperbaharui hampir semua peralatan laboratorium yang dimiliki. Kerjasama dengan pemangku kepentingan juga telah diaktifkan, baik secara nasional maupun internasional, yang manfaatnya juga dikembalikan pada kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Di bidang kerjasama, Prodi berhasil memiliki satu set komputer untuk Laboratorium Geofisika, dari PERTAMINA dan PGN; Sementara kerjasama dengan pihak asing, Akita University Jepang, Program Studi berhasil memiliki satu set mikroskop untuk mikrofosil yang bernilai hampir 5 miliar rupiah. Hibah software dari PT Micromine dan PT Schlumberger, senilai puluhan hingga ratusan miliar rupiah. Kegiatan kemahasiswaan juga difasilitasi melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG), Bagian Kemahasiswaan Himpunan Ahli Geologi Indonesia (SM IAGI) dan American Association of Petroleum Geology Student Chapter (AAPGSC) Trisakti yang memiliki prestasi di tingkat internasional.

Alumni Program Studi Teknik Geologi memiliki banyak jabatan yang memiliki posisi menentukan bagi kemajuan negeri tercinta ini, baik di bidang energi, infrastruktur dan bidang lainnya. Antara lain: Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017, Ir. Basuki

Tjahya Purnama; Direktur Utama PT Timah (terbuka), Ir. Reza Pahlevi; Direktur Utama PT Saka Energi Indonesia, Ir. Tumbur Parlindungan dan masih banyak lagi. Donasi dari Alumni kepada Prodi juga telah dilakukan berupa peralatan laboratorium, kuliah tamu dan kerjasama antar institusi luar negeri seperti Akita University, Jepang (Dr. Santi Dwi Pratiwi, ST, M.Si., Rendy, ST., M.Si).

Untuk program selanjutnya, Program Studi Teknik Geologi akan mengutamakan peningkatan di bidang penelitian yang dapat menghasilkan publikasi yang handal di jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional, guna meningkatkan kegiatan Tridharma kita. Demikian sambutan ini, semoga apa yang telah diperjuangkan dan dicita-citakan mendapat ridho dari-Nya dan memberikan manfaat bagi umat.

Wassalamualaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

Ketua Program Studi Teknik Geologi

Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T.